Sabtu, 9 Jun 2012

template blogger keren gratis

Banyak sekali template Blogger yang dishare secara gratis oleh para pembuatnya. Tentunya ada kekurangan dan kelebihan, tapi saat ini secara umum semua template Blogger memiliki karakteristik yg khas serta telah menggunakan CSS3 dan HTML5. Sebagian berhasil menerapkannya, sebagian lagi gagal karena berhadapan dengan masalah browser, sehingga dibutuhkan hack tambahan agar dapat ditampilkan dengan baik. Tapi adakah yang benar-benar maksimal penggunaannya sehingga menghasilkan desain yg benar-benar otentik, cantik, dan menarik? Ada!
3 Template Blogger yang saya share di bawah adalah sebagian dari template-template Blogger buatan sobat Andre 'Pandet' of urangkurai, yang ngaku "terjebak dalam dunia blogger" sehingga kalo tidur sering mimpiin kode-kode CSS, wkwkwkwk.... Peace! Template buatannya memang unik, karena memiliki desain lain dari yg lain, maksudnya ada banyak kekhasan dan bisa di bilang extraordinary banget. Dan yang jelas, CSS3, HTML5, javascript, dan Web Fonts benar-benar diimplementasikan secara maksimal.
Salah satu contohnya adalah penggunaan CSS Reset untuk menghandle dan menghindari inkonsistensi browser ketika menerjemahkan aturan-aturan CSS tertentu, misalnya line-height, margin, font-size pada judul (heading), dll. Mengapa? Karena masing-masing browser memiliki default presentasi tampilan berbeda-beda, sehingga dibutuhkan penyamaan 'persepsi' agar tampilan suatu halaman sama ketika ditampilkan oleh bermacam browser. Hal ini sangat dibutuhkan, terutama untuk struktur HTML5. Contoh lain lagi adalah pada font-font template, digunakan CSS font-face (@font-face).  CSS rounded corner tampaknya menjadi menu utama untuk mengatur dan membagi tampilan excerpt (rangkuman post) di halaman-halaman utama. Yang paling menarik adalah penggunaan CSS Transform pada tampilan header lengkap bersama menu dan search form, sehingga tampilan elemen-elemen header miring beberapa derajat. Ada banyak lagi penggunaan advanced coding lain yg tidak bisa satu per satu saya uraikan di sini.
Ketiga template sebenarnya hampir sama, dibuat untuk memberikan 3 alternatif skin atau theme dengan warna yg berbeda.
Ada sedikit problem ketika Opera digunakan untuk menampilkan halaman ketiga template ini, terutama ketika ditampilkan pada monitor/layar dengan lebar di bawah 1280px, tapi saya rasa tidak begitu masalah karena Opera adalah browser yg rajin update, sehingga akan segera menyelesaikan masalah ini.
Penasaran? Segera saja tengok 'demo' dan download template-template tersebut!

X6 Yellow Blogger Template

X6 Blogger Template

X7 Blue Black Blogger Template

X7 Blogger Template

X8 White Blogger Template

Pass (kalo diminta): buka-rahasia.blogspot.com
Yup, itu dia semua Blogger templates unik dan menarik yang saya review dan share. Silahkan dicoba dan review kembali bagaimana hasil penggunaan template blog tersebut pada blog sobat.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

"BAGIE YANG MAU REQUEST........
"TULIS COMMENT ANDA....